Selasa, 20 Maret 2012

Tutorial Unbrick HH Android

BRICK! sebuah istilah yang ditakutkan oleh pengguna awam dari sebuah smartphone, khususnya disini pengguna smartphone android. Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya bahwa konsekuensi apabila gagal Flash Stock ROM di android adalah HH kita menjadi brick!
bagi kalian yang belum tau apa itu brick di HH maka saya akan jelaskan definisinya, Brick adalah suatu kondisi dimana HH kita sudah tidak bisa digunakan lagi, lebih tepatnya sudah tidak bisa menyala sama sekali (pencet power selama apapun HH tidak bakal nyala, terus mau dicoba charge batre pun HH sudah tidak bisa menyala), pokoknya ini suatu kondisi dimana HH anda sudah mati total dan bisa disamakan dengan "brick" (batu bata dalam bahasa inggris). 
Coba kalian bawa SSC, maka si mba/mas akan bilang bahwa HH kalian harus ganti mesin (entah kenapa saya juga bingung) dan harganya (bagi yang tidak punya garansi) adalah sama dengan harga dari HH itu sendiri! gila broo! jadi misal kalian mau ganti mesin galaxy ace yang kena brick maka kalian harus mengeluarkan uang sebesar 2.500.000 (harga galaxy ace itu sendiri!)
Tapi jangan panik, sebenarnya ada tutorial yang menjelaskan untuk Unbrick HH, saya juga dapat di forum-forum android seperti xda developers dan tutorialnya akan saya jelaskan disini.

Cara-caranya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan Odin Multi Downloader dan file Stock ROM yang ingin kalian flash!
  2. Lepaskan baterai, SIM Card, SD Card
  3. Hubungkan HH ke komputer
  4. Tahan tombol power + home + volume down (download mode)
  5. Dalam posisi menahan tombol diatas, masukan baterai ke HH kalian
  6. Seharusnya Odin sudah dapat mendeteksi HH kalian yang tercolok ke komputer (ada background warna kuning di "Com Port Mapping")
  7. Lakukan seperti tutorial flashing yang sudah saya jelaskan sebelumnya disini.

Sebenarnya tutorial diatas saya juga belum pernah mempraktekannya, soalnya HH saya sampai sekarang alhamdulilah belum kena brick (moga-moga ga pernah), jadi maaf apabila kalian sudah mempraktekannya terus tidak bisa berhasil, maka cara satu-satunya bawa HH kalian ke SSC :D

Catatan : 
Tutorial ini hanya bisa dilakukan untuk jenis soft brick (sepertinya), karena brick ini pun ada jenisnya, ada soft brick dan juga ada hard brick. Untuk penjelasannya bisa di search di google.

3 komentar: