Selasa, 20 Maret 2012

Tutorial Flashing STOCK ROM di Android (Samsung)

Berhubung kemarin HH saya mengalami bootloop gara-gara gagal push fitur "bravia engine" dari Sony ericsson ke Samsung dan kebetulan saya tidak punya card reader buat recovery nya, jadi terpaksa kemarin saya mesti flash/install ulang HH saya kembali ke Stock ROM (GB 2.3.5 XXKPO).
Gara-gara kejadian tersebut saya jadi punya inspirasi buat postingan saya di blog. Nah jadilah saya memposting Tutorial flashing Stock ROM ini! haha :D
Seperti biasa, sebelum melakukan tutorialnya, pertama siapkan dahulu bahan-bahan yang akan kita pakai :

  1. Download file Stock ROM nya disini
  2. Download juga Odin Multi downloader disini
  3. Download file .ops disini
  4. Download samsung USB disini
Apabila bahan-bahannya sudah kalian download semua, maka kita masuk langsung ke cara eksekusinya ya!
  1. Install dan jalankan Samsung USB drivernya.
  2. HH dalam keadaan mati, sekarang masuk ke download mode. caranya tekan tombol power + home + volume down/bawah
  3. Nanti HH kalian ada tulisan "download mode" <- berhasil masuk ke download mode
  4. Hubungkan HH kalian ke komputer
  5. Buka Odin Multi downloader, akan ada background warna kuning di tab "Com Port Mapping" berarti HH kalian sudah terhubung dengan komputer.
  6. Masukan file .ops ke tab OPS di Odin Multi Downloader tersebut
  7. Centang pilihan "One Package" , nanti pilihan One package dibawah bisa diisi (pilihan one package ini defaultnya tidak bisa diisi, kecuali pilihan one package nya sudah dicentang, nanti juga ngerti sendiri ko kalo sudah lihat :P)
  8. Masukan file Stock ROM yang sudah kita download tadi (yang besar filenya 100-200mb)
  9. Tunggu sampai Odin men-check, nanti kalo sudah beres maka klik pilihan "Start"
  10. Tunggu prosesnya, kira-kira 5 menit, HH JANGAN DICABUT, KECUALI KALO HH KALIAN SUDAH REBOOT SENDIRI DAN DI PROGRAM ODIN ADA TULISAN "PASS"!
  11. Setelah HH kalian reboot otomatis dan ada tulisan "Pass" di Odin Multi Downloader, maka cabut HH kalian dari komputer.
  12. Selamat menikmati Stock ROM yang masih fresh :D 
Screenshoot biar ga nambah bingung ya!
SS Odin Multi Downloader
















Seperti biasa, tutorial ini ber-asas-kan DWYOR (DO WITH YOUR OWN RISK), saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi di HH kalian (Brick, Bootloop, Sleep Of Death dll). Semua tutorial diatas Tested By Me dan semuanya lancar tanpa ada gangguan sedikitpun.

Catatan

  1. Jika proses flashing sudah berhasil tetapi masih terjadi bootloop di HH kalian, maka masuk ke recovery mode caranya tekan tombol power + home, lanjutkan dengan wipe data, wipe cache lalu reboot kembali HH kalian (ini terjadi sama saya sendiri). Setelah di reboot maka harusnya tidak terjadi lagi bootloop.
  2. Tutorial diatas saya sarankan untuk kalian yang bukan Newbie atau pemula, karena kegagalan dari proses flashing diatas dapat menyebabkan HH menjadi Brick! atau tidak bisa dipakai lagi.
  3. Seharusnya dilakukan dahulu backup data dan aplikasi lewat aplikasi Titanium Backup supaya kita tidak harus capek-capek mendownload aplikasi-aplikasi kembali.
  4. Seharusnya dilakukan dahulu backup contact di HH kalian lewat server google supaya tidak capek harus memasukan kontak satu persatu.
  5. Bila terjadi Brick di HH kalian, bawa saja HH kalian ke SSC (bagi yang ada garansi), pasang muka polos dan pakai sedikit tipu muslihat haha :D. Untuk yg garansi nya sudah tidak ada maka nanti saya akan postingkan cara untuk memperbaiki HH yang sudah brick (unbrick HH).



5 komentar:

  1. Gan, punya ane jd ga bs konek WIFI, knp ya?

    BalasHapus
  2. maksudnya? udah flashing stock ROM? coba restart.

    BalasHapus
  3. iya gan, Ane flash ulang pake StockROM ini :

    Firmware resmi Ace region Indonesia: S5830DXKT5 – XSE
    Detail:
    PDA: S5830DXKT5
    Phone: S5830DXKT4
    CSC: S5830OLBKT3
    Country/Provider: Indonesia
    Version: Android 2.3.6 Gingerbread
    Build Date: 2011 December

    Jd ga bisa konek WIFI, scan terus... ane udh factory reset, restart, tp tetep ga bisa konek ke WIFI. knp ya gan?

    BalasHapus
  4. Terima kasih gan infonya..
    hbis flash stock rom sempet bootloop, untung saja ada tutornya..
    sekali lagi terima kasih gan

    BalasHapus