Senin, 19 Maret 2012

Tutorial Mengganti Font di Android (Rooted Only)

Tutorial yang saya akan postingkan sekarang ini adalah tentang tata cara mengganti font di android. Apa kalian sudah bosan dengan font bawaan di android? ingin android kita bisa membaca autotext BB? ingin android kita bisa membaca tulisan arab? maka ikuti tutorial yang akan saya postingkan sekarang.
Perlu diingat bahwa tutorial yang akan saya postingkan sekarang itu berdasarkan asas DWYOR (Do With Your Own Risk). Saya tidak bertanggung jawab bila HH kalian mengalami bootloop ataupun brick! semua tutorial yang saya jelaskan disini sudah saya test di device sendiri (bila tidak percaya screenshot akan saya postingkan dibawah).
syarat-syarat :
  1. Rooted ONLY!
  2. download file fontnya disini
  3. Root Explorer
Yang harus dilakukan :
  1. Extract file hasil download tadi di komputer.
  2. Setelah di extract maka kalo tidak salah ada 17 folder dan dalam 1 folder tersebut terdapat 2 file font (.ttf)
  3. pilih dari 17 folder tersebut 1 saja untuk kita jadikan font bawaan HH android kita.
  4. Hubungkan HH kita ke komputer
  5. Copy kan 1folder yang berisi 2 font tersebut ke SD card di HH. 
  6. Cabut HH kita dari komputer
  7. *Posisi di HH kita* copy kan 2 file font  dari SD card tadi ke system/fonts (lewat Root Explorer).
  8. Setelah font di pindah ke system/fonts ubah permissionya! caranya tekan lama di 2 file font yang baru kita pindahkan tersebut nanti akan ada pilihan "permission". Ganti permissionya menjadi rw- r-- r-- (Owner: ceklis read+write ; Group: ceklis read; Others: ceklis read).
  9. reboot HH 
  10. Selamat menikmati font baru kalian :D
Bagi kalian yang ragu bahwa saya sudah mencoba nya di HH sendiri ini silahkan dilihat sendiri screenshotnya.

Catatan :

  1. Jika kalian menemukan masalah ketika akan mengganti Permissions, tap tulisan MOUNT R/W di root explorer (terdapat diatas) dan lanjutkan dengan tap permissions.
  2. Jika kalian mau memakai autotext seperti BB maka download aplikasi Smart Keyboard Pro. Bisa kalian download disini
  3. Cara root bisa kalian baca disini

1 komentar:

  1. thanks berhasil,setelah berbagai cara akhir nya bisa.

    mau bertanya kalau android Evercoss A74F tidak bisa ke recovery mode alias selalu jadi reboot/restart itu kenapa yah?

    BalasHapus