Senin, 19 Maret 2012

Aplikasi Wajib di Android (Rooted Only)

Balik lagi ke bahasan android ah! kemarin kepotong sama bahasan Steganografi (buat tugas juga) tapi lumayan lah untuk menambah pengetahuan kita walaupun sedikit juga, disini saya akan bahas pengalaman saya selama ber-Android ria ya.
Cekidot !
Beberapa aplikasi yang "wajib" setidaknya menurut saya yang harus diinstal di android yang sudah di root :


Root Explorer
Aplikasi ini bener-bener wajib dah buat kalian, biasanya para mastah android menyingkatnya dengan rootex. Fungsinya kita bisa masuk kedalam directory sistem di android tersebut, pengen ganti font? pengen bisa mengoptimalkan sound? optimalisasi RAM sama optimalisasi batre? ya di rootex ini kita bisa menggantinya! sebenarnya banyak aplikasi yang fungsinya sama seperti root explorer, tapi menurut saya ini yang paling enak, dari UI sangat user friendly lah, ga bikin pusing pengguna. Tampilan sederhana tapi mudah dipahami oleh pengguna.


Terminal Emulator
ini aplikasi kalo di window sama dengan CMD atau Command Prompt fungsinya untuk menjalankan perintah-perintah di HH android kita. Contoh sederhana saja, kita bisa menjalankan perintah copy file dari directory satu ke directory lain di android kita dengan terminal emulator tersebut ( dengan asumsi kita sudah tau script yang harus dijalankan).


Titanium Backup
Bagi kalian yang benar-benar suka oprak-oprek HH android, maka kalian wajib menginstal aplikasi yang berfungsi untuk membackup data-data kita, baik itu data system, data aplikasi dan data game kita, supaya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada HH kita, maka kita bisa flashing ulang ROM kita, baik itu Stock ROM ataupun Custom ROM tanpa harus kehilangan semua data kita.



Cache Cleaner
Bukan hal aneh lagi ketika kita memakai HH android, 24 jam kita pasti berhubungan dengan internet. setidaknya 12 jam kita habiskan untuk browsing, facebok, twitter, youtube, dll. Nah ketika kita browsing maka di sistem akan tersimpan sampah-sampah dari hasil kita browsing tersebut, yaitu berupa cache. walaupun ukurannya kecil tetapi cache-cache tersebut sangatlah banyak, maka dari itu kita wajib menginstal Cache Cleaner yang berfungsi membersihkan Cache-cache di HH kita. Dengan seringnya kita menghapus cache di HH, maka otomatis memory pun akan terasa sedikit lega, dan HH kita pun terasa lebih cepat.



Set CPU
Dari namanya saja kita sudah tau kan? ini berfungsi untuk meng-set clock dari processor kita. Bagi pengguna smartphone kita sudah tau dan sudah tidak aneh lagi bahwa SEMUA smartphone itu bermasalah dalam baterai nya, tidak ada batre smartphone yang bisa bertahan 24 jam ketika semua aplikasi aktif dan juga jaringan di set dalam mode 3G. (umts dan HSDPA). nah dalam rangka menghemat baterai (walaupun sedikit)kita harus set clock processor kita dibawah clock standarnya. contoh saja di HH saya clock processor bawaannya yaitu 800mhz nah dengan aplikasi SetCPU ini maka clock standar ini bisa saya turunkan menjadi 500mhz tapi dengan konsekuensi aplikasi yang berjalan di HH kita menjadi tidak lancar. tetapi ini bagus diterapkan ketika HH kita dalam keadaan Idle.


Screenshot It
Buat kalian yang suka pamer tampilan HH kalian di social networking seperti facebook, twitter, whatsapp, catfiz, dll dan kalian tidak tau cara screenshot di HH kalian, maka kalian wajib menginstal aplikasi yang berfungsi sebagai screenshot tersebut, salah satu aplikasi nya adalah "Screenshot it" . Sebenarnya banyak aplikasi yang fungsinya sama, tetapi kalau menurut saya aplikasi ini yang paling baik diantara yang lain. Tapi sayang, aplikasi ini berbayar a.k.a tidak free, tetapi tenang saja kalian bisa mendapatkannya secara free di pasar-pasar gelap seperti blapkmarket :P. Tapi perlu kalian tau, untuk bisa mengunduh aplikasi di website tersebut, kita harus login terlebih dahulu, bagi kalian yang tidak punya ID maka kalian harus mendaftar terlebih dahulu, tenang saja sebentar kok, respon dari adminnya sangat cepat.

catatan :

  1. semua aplikasi yang saya postingkan diatas itu memiliki syarat HH harus sudah mendapat akses root, karena apabila tidak di root aplikasi diatas tidak akan berjalan.
  2. HH = HandHeld atau device
  3. Cara root bisa kalian baca disini 


1 komentar:

  1. Mengapa kami selalu ingin terus mengujungi blog ini, karena selalu ada artikel yang menarik dan berkualis seperti ini? salam sukses

    BalasHapus