Kamis, 29 Maret 2012

Tutorial Flash kernel Blackhawk

   Sesuai yang sudah  saya janjikan di postingan sebelumnya, bahwa akan ada tips dan trik di CusROM AOS supaya cusROM tersebut bisa lebih optimal ketika dipakai.
   Tips & trik yang saya akan bahas disini adalah cara flash kernel BlackHawk yang dibuat oleh orang Indonesia yaitu agan Ketut Kumajaya, apa itu kernel? apa manfaat dari dari flash kernel blackhawk? untuk pertanyaan diatas maka saya akan jawab di postingan saya yang sekarang ini. 
   Kernel (diambil dari wikipedia) adalah suatu perangkat lunak atau software yang menjadi bagian utama dari sebuah system operasi, dalam hal ini system operasi android. Tugasnya yaitu melayani berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras atau hardware secara aman. 
   Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari 1 program yang dilayani dalam waktu yang hampir bersamaan, maka kernel juga mengatur kapan dan berapa lama program aplikasi tersebut bisa menggunakan satu hardware tersebut.
   Apa keuntungan dari flash kernel Blackhawk dari agan Ketut Kumajaya? Keuntungan yang saya tau dan saya rasakan sendiri adalah adanya fitur overclock processor HH ace tersebut, untuk overclocking nya sendiri saya pernah men-test overclock processor HH saya sampai dengan 883Mhz dari yang defaultnya 800Mhz.
   Lantas apa keuntungan overclock? Untuk keuntungan nya sendiri yang saya rasakan adalah ketika kita bermain game di HH kita, game akan terasa lebih lancar dimainkan tanpa adanya lag, yang saya alami adalah ketika saya bermain game Angry Birds, biasanya ketika processor di set di defaultnya (800Mhz) saya merasakan adanya sedikit lag dalam permainan tersebut, tetapi ketika processor saya set di 883Mhz, maka lag-lag tersebut otomatis menjadi tidak ada.
   Sebenarnya masih banyak keuntungan dari flash kernel Blackhawk dari agan Ketut Kumajaya ini, cuma yang paling saya rasa manfaatnya memang adanya fitur overclock processor ini.
   Sepertinya sudah cukup jelas ya apa itu kernel dan apa manfaat dari flash kernel blackhawk ini? jadi daripada saya posting panjang-panjang ga jelas, mending saya langsung ke tutorialnya saja.
Seperti biasa, siapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan :
  1. Download dahulu file kernelnya disini.
  2. Setelah di download, simpan file kernel tersebut di SD card (jangan disimpan di dalam folder apapun!)
  3. Untuk flash, seperti biasa kita masuk dulu ke recovery mode HH kita dengan menekan tombol Power + Home (diusahakan sudah CWM recovery mode!) 
  4. Mount system terlebih dahulu dengan men-tap "mount and storage" dan tap pilihan "mount /system"
  5. Setelah masuk ke recovery mode, maka lanjutkan dengan men tap pilihan "install zip from sdcard"
  6. Setelah itu tap pilihan "choose zip from sdcard" , dan dilanjut dengan mencari file kernel tadi di SDcard
  7. Flash! file tersebut.
  8. Tunggu proses selesai dan reboot.
  9. Selamat menikmati kernel blackhawk kalian :D
Screenshot :


Note :
  1. Saya tidak bertanggung jawab bila HH anda mengalami kerusakan akibat flash kernel ini karena diakibatkan flash file menggunakan recovery bawaan, bukan CWM recovery.
  2. Untuk setting overclock bisa kalian temukan di Setting -> Cyanogenmod Setting -> Performance -> Cpu Setting -> Max CPU frequency.
  3. Untuk lebih optimalnya, set Governors di "smartassv2" (menghemat sedikit baterai)
  4. Tested by me
  5. DWYOR   





0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar