Kamis, 01 Maret 2012

Introduce Android




Bismillah ..

     Ini adalah postingan kedua saya (bisa dibilang postingan pertama juga karena postingan saya yang benar-benar pertama hanyalah sebuah pengenalan diri :P)
     Dalam postingan pertama(?) ini, saya akan mencoba membahas tentang android (sejarah maupun versionnya). Nah! sebelum masuk ke bahasan utamanya (beuh bahasan) terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu Android? 
     Disini saya ambil sumbernya dari wikipedia, Android adalah sebuah Sistem Operasi yang berbasis Linux yang dibuat khusus untuk telepon pintar/smartphone ataupun komputer tablet dan menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam piranti bergerak. 
     Untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance atau OHA, yakni konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcom, dll.

 Sejarah Android
    Pada bulan Juli tahun 2000, Google mulai bekerja sama dengan Android Inc., perusahaan yang terletak di Palo Alto, California, Amerika Serikat.
     Pada bulan September tahun 2007, sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi seluler (Google mengenalkan Nexus One hasil dari kerjasamanya dengan HTC Corporation yaitu sebuah smartphone yang telah diimbun oleh Sistem Operasi Android).
     Pada tanggal 9 desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android yaitu, ARM Holdings (seingat saya produsen processor untuk smartphone CMIIW), Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Disini OHA mengumumkan produk pertama mereka, yakni Android yang merupakan hasil modifikasi mereka dari kernel linux 2.6.
     Smartphone pertama yang memakai OS android adalah HTC Dream yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008.

Versi Android
     Gambar diatas adalah logo dari berbagai versi Android, ada Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb,  dan juga Ice Cream Sandwich.


Android Version  1.5 a.k.a Cupcake
Pada pertengahan Mei 2009, Google merilis Android versi 1.5 yang dikenal dengan nama Cupcake pada smartphone. Terdapat beberapa pembaharuan dan penambahan fitur yang terjadi pada versi ini, yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengupload video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung melalui smartphone nya, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke handset bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan system.

Android Version 1.6 a.k.a Donut

Android versi 1.6 atau yang dikenal dengan nama Donut, dirilis pada bulan September 2009. Beberapa perubahan atau penambahan fitur terjadi pada Android 1.6 ini yaitu proses pencarian yang lebih baik daripada versi android yang sebelumnya, penggunaan Battery Indicator dan kontrol applet VPN, adanya gallery yang memungkinkan user untuk menghapus foto yang tersimpan di gallery tersebut, dan juga camera, camcorder dan juga gallery yang sudah terintegrasikan, support terhadap CDMA/EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text-to-change-speech, pengadaan resolusi WVGA (Wide Video Graphics Array).

Android Version 2.1 a.k.a Eclair

Pada tanggal 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel android 2.1 atau yang dikenal dengan nama Eclair, sama seperti versi versi sebelumnya, di versi ini juga terjadi perubahan dan penambahan beberapa fitur yakni diantaranya adalah pengoptimalan hardware, peningkatan google maps 3.1.2, perubahan UI (User Interface) dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital zoom, dan juga bluetooth 2.1

Android Version 2.2 a.k.a Froyo

Pada tanggal 20 mei 2010, android versi 2.2 atau froyo diluncurkan. Perubahan yang terjadi antara lain adalah dukungan adobe flash 10.1, kecepatan kinerja aplikasi 2-5 kali lebih cepat dibanding versi-versi sebelumnya, integrasi V8 javascript engine yang dipakai google chrome mempercepat rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WI-FI hotspot portable, dan kemampuan auto-update dalam aplikasi di android market.

Android Version 2.3 a.k.a Gingerbread

Pada tanggal 6 Desember 2010, android versi 2.3 atau Gingerbread dirilis. Perubahan yang didapat adalah antara lain peningkatan kemampuan permainan, peningkatan fungsi copy-paste, UI atau user interface di desain ulang, dukungan format video VP8 dan WEBM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan NFC (Near Field Communication), dan dukungan jumlah kamera lebih dari satu.

Android Version 3.0 a.k.a Honeycomb

Versi android ini hanya dirancang khusus untuk komputer tablet, dan versi ini pertama kali dirilis ke pasaran pada tanggal 22 februari 2011 hasil dari modifikasi dari kernel linux 2636. Android versi ini mendukung terhadap ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada versi Honeycomb ini juga berbeda dengan versi sebelumnya karena memang sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi processor dan akselerasi perangkat keras(hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang berjalan dengan OS versi ini adalah Motorola Xoom.

Android Version 4.0 a.k.a Ice Cream Sandwich


Diumumkan pada tanggal 19 oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk tablet dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan sistem pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terintegrasi kontak dengan jejaring sosial, perangkat tambahan untuk fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan teknologi NFC.

Android Version 5.0 a.k.a Jelly Beans

Android 5.0 atau Jelly Beans dijadwalkan akan meluncur April 2012 mendatang, lebih awal dari jadwal semula. Android versi ini membawa fitur tambahan diantaranya adalah google chrome sebagai browser bawaan, home screen dalam tampilan landscape, berbeda dengan versi sebelumnya dimana tampilan bawaannya adalah potrait dan harus autorotate terlebih dahulu supaya mendapatkan tampilan landscape, dilengkapi dengan file manager (tidak harus mendownload terlebih dahulu seperti versi sebelumnya), pembaharuan keyboard virtual, system yang lebih ringan dan lebih bertenaga, dan juga baterai yang lebih hemat.

nah segitu saja mungkin pengenalan mengenai sistem operasi Android, dari mulai sejarahnya dan juga versi-versinya. semoga artikel yang saya ketik sendiri dengan mengambil dari berbagai sumber bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya :) 












0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar